17.8.13

media

kali ini pengen ngetik yg ga kaya biasa sesuatu yg buat gua 'tabu' haha lebay sih tapi iya karena menurut gua, gua ga terlalu ngerti juga makanya gua nulis ini dalam pandangan sebagai orang awam

"media adalah senjata propaganda terbaik sepanjang masa.."
ya media yg gua maksud disini adalah media massa baik cetak maupun elektronik, dewasa ini media punya peran besar bagi kehidupan manusia, bagaimana tidak setiap hari mungkin semua orang melihat televisi ataupun membaca koran malah untuk sekarang ini orang bisa melihat berita melalui gadgetnya yang beritanya cepat diperbarui oleh portal berita online tersebut. dalam hitungan detik-menit orang sudah dapat kabar terbaru mengenai kejadian disekitarnya bahkan dunia sebagai contoh dampak media di dunia
 
pic from troll football page..


mungkin masih bingung apa hubungannya sama media? nah dari pandangan gua sendiri sih ngeliat ini peran media cukup berpengaruh pada gambar diatas terlihat orang-orang bersuka cita akan kelahiran bayi kerajaan dan gambar dibawah terlihat anak-anak kelaparan yang menengadahkan tangan nya seolah meminta minta. media yang terlalu menggembar gemborkan kelahiran bayi kerajaan. berita kelahiran bayi kerajaan ditampilkan di setiap media, di koran sebagai halaman utama di televisi sebagai berita utama. peran media yang mem"wah"kan berita ini sampai seluruh penjuru dunia tahu bahkan orang-orang rela berdatangan ke inggris untuk melihat bayi itu. media menutupi berita tentang kelaparan afrika karena mungkin dianggap tidak memiliki nilai jual, kalau mungkin ada paling hanya sebagai berita tambahan. media tidak berupaya menyadarkan dunia tentang bencana di belahan dunia ini, ya mungkin kelaparan dianggap sesuatu yang biasa terjadi di afrika ckck menyedihkan..

tadi sedikit ulasan media beserta contoh sekarang pengen bersotoy ria ah tentang media dalam negeri..
coba liat pemberitaan media di indonesia hampir semua isinya mengenai kejahatan dan penyimpangan sosial lain. bagaimana orang-orang tidak pesimis tentang indonesia kalau setiap hari dijejali berita yang seperti itu, ya mungkin kita memang perlu tahu juga mengenai orang orang yang berbuat penyimpangan itu tapi ya lucu aja kalo berita nampilin misalnya koruptor, kita memang perlu tahu tikus mana yang menggerogoti uang negara tapi kembali lagi lewat media kita juga tahu seringkali pelaku korupsi di indonesia tidak mendapatkan perlakuan yang semestinya. bukannya ditempatkan di sel penjara yang menyeramkan seperti yang terlihat di film-film tapi justru koruptor ketahuan ditempatkan di sel yang mewah seperti hotel berbintang.

iya lewat media kita sering mendengarkan juga kalau koruptor mendapat potongan masa tahanan, dengan media yang memperlihatkan perlakuan koruptor yang sedemikian rupa apakah justru tidak membuat orang lain tidak takut bahkan malah ada niatan untuk korupsi??
apalagi media yang sudah jatuh ke ranah politik, media digunakan untuk melindungi partainya dan menyerang partai lain ckck masyarakat disajikan perang politik yang sebenarnya tidak terlalu ingin mereka ketahui.

daripada membahas berita-berita semacam itu seharusnya media di indonesia juga mengangkat berita-berita tentang prestasi yang dibuat puta-putri bangsa karena berita tentang prestasi indonesia itu biasanya hanya ada sekilas. putra putri terbaik bangsa yang mengharumkan nama indonesia di kancah dunia malah hanya sekedar jadi berita tambahan. orang-orang berprestasi di indonesia kurang mendapat dukungan dan apresiasi dari pemerintah dan masyarakat juga karena kurangnya pemberitaan mengenai hal tersebut. dengan adanya pemberitaan mengenai hal ini dari media mungkin putra-putri bangsa akan lebih mendapat dukungan maupun bantuan dari pemerintah dan juga masyarakat luas, indonesia punya prestasi yang mendunia antara lain di bidang pendidikan, hiburan, olahraga, ekonomi dll. pembangunan-pembangunan di Indonesia juga perlu diberitakan agar masyarakat dapat melihat bahwa perlahan indonesia dapat terus berkembang.

harusnya berita-berita seperti ini lebih diangkat lagi oleh media-media di indonesia sebagai pemacu semangat agar rakyatnya bisa optimis melihat kedepan, ternyata negara ini juga memiliki banyak prestasi yang dapat dibanggakan dan dapat terus bangkit menjadi negara yang maju.

sekali lagi ini hanya sedikit pandangan mengenai media dari orang awam ehehe..

selamat ulang tahun ke 68 Republik Indonesia
dirgahayu Indonesiaku~

1 comment:

 

blogger templates | Make Money Online